Bahjatun Nadzhirin Bab 50 Al Khauf (Takut) Hadits ke 407 408





Sesi Pembahasan Hadits beserta Tanya Jawab



Sesi Pembahasan Hadits



Sesi Tanya Jawab




Hadits 407

Dari Abu Barzakh Nadhlah bin Ubaid Al Islamiy رَضِيَ اللهُ عَنْه , dia bercerita bahwa Rosululloh صَلَّى الله عليه وسلم bersabda: "Kedua kaki seorang hamba tidak akan dibiarkan bergerak pergi hingga di a ditanya tentang umurnya untuk apa dihabiskannya, tentang ilmunya, apa yang telah dia amalkan, dan tentang hartanya, dari mana dia memperolenya dan dibelanjakan untuk apa ,serta tentang badannya , untuk apa dia rusakkan" (Diriwayatkan oleh Tirmidzi)

Kandungan Hadits :

1. Nikmat Alloh yang dilimpahkan kepada hamba - hamba-NYA cukup banyak. oleh karena itu , DIa akan menanyakan nikmat yang telah dilimpahkan itu kepada mereka.

2. Seorang hamba yang beriman meletakkan nikmat - nikmat Alloh pada hal - hal yang dirindhoi-NYA

3. Perintah untuk memanfaatkan hidup untuk hal - hal yang dirindhai oleh Alloh serta ikhlas dalam beramal, dan mencari rizqi melalui jalan yang dibenarkan syari'at agar benar - benar halal, lalu dibelanjakan untuk kebaikan dan untuk segala yang diperintahkan oleh Alloh.

4. Memelihara badan dari hal - hal yang diharamkan oleh Alloh , serta mengerahkannya untuk ketaatan kepada Alloh.

5. Hendaklah setiap orang mencai ilmu yang bermanfaat lalu mengamalkannya dengan tulus ikhlas karena Alloh, sehingga benar - benar memberi manfaat bagi dirinya dan juga orang lain.

6. Pertanggung jawaban setiap orang pada hari kiamat kelak, bahwa mereka akan dihisab berdasarkan perbuatan mereka.


Hadits 408

Dari Abu Hurairah رَضِيَ اللهُ عَنْه , dia bercerita , Rosululloh صَلَّى الله عليه وسلم bersabda, : Pada hari itu bumi menceritakan beritanya" Lebih lanjut, beliau berkata " Tahukah kalian , apakah berita yang disampaikan bumi itu" Para Sahabat menjawab : " Alloh dan Rosul-NYA yang lebih tahu." Beliau bersabda: " Sesungguhnya berita bumi itu adalah ia menjadi saksi terhadap setiap hamba, baik laki - laki maupun perempuan atas segala yang mereka lakukan diatasnya. Bumi itu mengatakan :' Kamu melakukan ini dan itu pada hari ini dan itu'. Demikian itulah berita yang disampaikannya' (Diriwayatkan oleh Tirmidzi dan dia mengatakan Hadits Hasan )


Kandungan Hadits :

1. Sebaik - baik penafsir kitab Alloh adalah Rosululloh صَلَّى الله عليه وسلم

2. Perintah untuk berbuat ketaatan dan menjauhi kemaksiatan.

3. Kekuasaan Alloh untuk menjadikan apa saja dari makhluk ciptaan-NYA dapat berbicara, dimana bumi memberikan kesaksian mengenai kebaikan dan keburukan yang terjadi di permukaannya.

4. Alloh menjadikan pendengaran, penglihatan, kulit, kedua tangan dan kaki serta bumi sebagai saksi atas hamba - hamba-NYA, sebagaimana yang telah ditegaskan di dalam Al Qur'am dan As SUnnah , agar hujjah kelak benar - benar berdiri tegak diatas hamba-hamba-NYA

0 Responses to "Bahjatun Nadzhirin Bab 50 Al Khauf (Takut) Hadits ke 407 408"