Bahjatun Nadzhirin Bab 50 Al Khauf (Takut) Hadits ke 405 406





Sesi Pembahasan Hadits beserta Tanya Jawab




Sesi Pembahasan hadits



Sesi Tanya Jawab




Hadits 405

Dari Adi bin Hatim رَضِيَ اللهُ عَنْه , dia berkata bahwa Rosululloh صَلَّى الله عليه وسلم bersabda : "Tidak ada seorangpun diantara kalian melainkan akan diajak berbicara langsung oleh Rabb-nya, yang antara dirinya dengan-NYA tidak terdapat penerjemah. Kemudian dia melihat ke sebelah kanan dan dia tidak melihat kecuali amal yang telah dikerjakannya. Dan melihat ke sebelah kiri dia tidak melihat kecuali amal yang telah dikerjakannya. Dan dia melihat kehadapannya, tidak melihat kecuali api Neraka tepat di hadapan wajahnya. Oleh karena itu , takutlah kalian terhadap api Neraka itu, meskipun hanya dengan (menyedekahkan) separuh kurma." (Muttafaq ALaih)

Pengesahan dan Pembahasan Hadits telah diberikan pada Hadits nomer 139


Hadits 406

Dari Abu Dzarr berkata, Rosululloh bersabda : " Sesungguhnya aku melihat apa yang tidak kalian lihat dan mendengar apa yang tidak kalian dengar. Langit telah merintih (manahan beban berat) dan pantaslah dia merintih dimana tidak ada tempat seuas empat ibu jari melainkan disana ada Malaikat yang sedang meletakkan dahinya untuk bersujud kepada ALloh, seandainya kalian mengetahui apa yang aku ketahui, niscaya kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis, dan kalian juga tidak akan bersenang - senang dengan wanita (isteri) di atas kasur - kasur , serta kalian pun akan keluar ke jalan - jalan untuk memohon pertolongan Alloh yang Maha Tinggi"
Diriwayatkan oleh Tirmidzi,


Kandungan Hadits :
1. Setiap kali bertambah pengetahuan seorang mukmin mengenai keagungan , kekuasaan dan kemuliaan Alloh, maka akan bertambah pula rasa takut terhadap adzab-NYA , sebagaimana bertambah pula keinginannya untuk mendapatkan pahala , sehingga dia akan menjauhi kemaksiatan dan banyak berbuat taat.

2. Alloh menutupi berbagai hakikat tentang akhirat dari pandangan manusia, agar terwujud taklif (pembebanan syari''at terhadap manusia), dan tercapai pula pahala dan hukuman.

3. Diantara sifat orang mukmin adalah rasa takut dan tunduk kepada Alloh , tetapi rasa takut itu tidak boleh membuatnya berputus asa dari rahmat-NYA

4. Perintah untuk memohon pertolongan kepada ALloh

5. Para Penghuni langit semuanya tunduk kepada Alloh seraya bersujud kepada-NYA dan tidak lalai dari berdzikir kepada-NYA

0 Responses to "Bahjatun Nadzhirin Bab 50 Al Khauf (Takut) Hadits ke 405 406"