Bahjatun Nadzhirin Bab 50 Al Khauf (Takut) Hadits ke 402 403 404









Sesi Pembahasan Hadits



Sesi Tanya Jawab




Hadits ke 402
dari Miqdad رَضِيَ اللهُ عَنْه dia bercerita , Rosululloh صَلَّى الله عليه وسلم bersabda :"Kelak pada hari Kiamat, matahari akan didekatkan kepada makhluk sehingga hanya berjarak kira - kira satu mil. "SUlaiman bin Amir yang meriwayatkan dari Al Miqdad berkata " Demi Alloh , aku tidak tahu apa yang dimaksud dengan mil. apakah ukuran jarak (perjalanan) di bumi ataukah yang biasa dipakai untuk mencelak mata" Sabda beliau lebih lanjut :" Sehingga manusia tenggelam dalam keringat sesuai dengan amal perbuatan mereka, Diantara mereka ada yang tenggelam sampai kedua mata kakinya, ada juga diantara mereka yang tenggelam dampai kedua lututnya, dan ada juga diantara mereka yang tenggelam sampai pusarnya, dan ada juga diantara mereka yang terbenam sampai ke mulutnya. " Dan Rosululloh صَلَّى الله عليه وسلم memberi isyarat dengan tangannya ke mulut beliau (Hadits Riwayat Muslim)

Kandungan Hadits :

1. Penjelasan mengenai keadaan yang mengerikan pada hari Kiamat dan dahsyatnya padang Mahsyar

2. Umat manusia benar - benar dalam keadaan sulit pada hari Kiamat kelak, yang kadar kesulitannya tergantung kepada amal perbuatan mereka.

3. Motivasi untuk berbuat kebaikan serta ancaman dari perbuatan buruk.




Hadits 403


Dari Abu Hurairah رَضِيَ اللهُ عَنْه Bahwa Rosululloh صَلَّى الله عليه وسلم bersabda : "Pada hari Kiamat kelak, manusai akan berkeringat sehingga keringat mereka membanjiri setinggi tujuh puluh hasta dan keringat itu akan menenggelamkan mereka sampai ke telinga mereka (Muttafaq Alaih)
Diriwayatkan oleh Al Bukhari (XI/392) Muslim (2863)

Kandungan Hadits :

Penjelasan mengenai keadaan yang mengerikan pada hari Kiamat, dan perngatan untuk tidak mengerjalan keburukan.


Hadits 404

Dari Abu Hurairah رَضِيَ اللهُ عَنْه berkata : "Kami pernah bersama Rosululloh صَلَّى الله عليه وسلم , tiba - tiba beliau mendengar suara benda jatuh, maka beliau bertanya." Apakah kalian mengetahui suara apa itu : " Mereka menjawab " Alloh dan Rosul-NYA yang lebih tahu" Beliau bersabda: " Itu adalah batu yang dilemparkan kedalam Neraka sejak tujuh puluh tahun . lalu batu itu sekarang melayang dan akhirnya jatuh membentur dasar Neraka, sehingga kalian mendengar suara benturannya"
DIriwayatkan oleh Muslim (2844)

Kandungan Hadits :

1. Kedalaman Neraka Jahanam dan dasarnya, yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu. Hal itu menunjukkan kerasnya adzab Neraka sehingga mengharuskan untuk takut terhadapnya.

2. Karamah yang didapat oleh para Sahabat sehingga mereka mendengar suara benda jatuh , sebagaimana mereka mendengar rintihan batang kurma (yang dijadikan mimbar oleh Rosululloh صَلَّى الله عليه وسلم ) yang demikian itu merupakan kemuliaan dari Alloh bagi hamba-hamba-NYA agar mereka mengambil pelajaran , kembali dan bertaubat.

3. Disunnahkan menyandarkan ilmu kepada Alloh mengenai hal - hal yang manusia tidak mengetahuinya.

4. Seorang guru harus membangkitkan perhatian murid sebelum memberikan pelajaran sehingga lebih mudah untuk memberikan pemahaman

0 Responses to "Bahjatun Nadzhirin Bab 50 Al Khauf (Takut) Hadits ke 402 403 404"