Bahjatun Nadzhirin Bab 50 Al Khauf (Takut) Hadits ke 397 398







Hadits ke 397



Dari Ibnu Mas'ud رَضِيَ اللهُ عَنْه berkata, Rosululloh صَلَّى الله عليه وسلم bersabda : Pada hari Kiamat kelak , Neraka Jahanam itu akan didatangkan dengan tujuh puluh ribu kendali (tali ikatan), dimana masing - masing kendali ditarik oleh tujuh puluh ribu Malaikat" (Riwayat Muslim 2842)

Kandungan Hadits :

1. Dahsyatnya penciptaan Neraka Jahanam , yang mana ia menjadi tempat bagi orang - orang kafir, musyrik dan munafik.

2. Di dalam hadits tersebut dissebutkan secara rinci mengenai sifat Jahanam, dimana Neraka itu mempunyai kendali (tali) yang dengannya ditarik . Selain itu , terdapat beberapa Malaikat yang menariknya.

3. DI dalam Hadits tersebut juga terdapat penjelasan mengenai jumlah Malaikat yang menarik Jahanam.

4. DI dalamnya juga terdapat keharusan untuk beriman kepada Khabar ahad / Hadits ahad yang berkaitan dengan Aqidah dan Hukum.

5. Upaya menakut-nakuti yang dilakukan oleh Alloh terhadap hamba - hamba-NYA agar mereka bertaqwa dan beribadah kepada-NYA.




Hadits 398

Dari An-Nu'man bin Basyir رَضِيَ اللهُ عَنْه, berkata, aku pernah mendengar Rosululloh صَلَّى الله عليه وسلمbersabda : "Sesungguhnya seringan - ringan adzab penghuni Neraka pada hari Kiaamat kelak adalah seorang yang dibawah kedua mata kakinya diletakkan dua bara api yang dapat mendidihkan otaknya, dan dia mengira bahwasanya tidak ada seorang pun yang lebih dahsyat siksaannya daripada dia, padahal siksaan itu adalah yang paling ringan di antara penghuni Neraka. (Muttafaq alaih) Riwayat Al Bukhari (XI/417-Fat-h) dan Muslim (213) (364)


Kandungan Hadits :

1. Peringatan agar tidak terjerumus ke dalam kemaksiatan yang mengakibatkan masuk dalam golongan penghuni Neraka.

2. Adzab Neraka itu bertingkat - tingkat.

3. Kerasnya Adzab Alloh bagi orang - orang kafir, sehingga orang yang di adzab mengira bahwa dia adalah orang yang mendapatkan siksaan paling keras. Hal itu dikarenakan adzab yang ditimpakan kepadanya sangat keras, padahal sebenarnya itu merupakan adzab yang paling ringan bagi penghuni Neraka.

4. Di Dalam hadits tersebut terdapat penjelasan mengenai berbagai macam adzab pada hari Kiamat. diantaranya adalah bara api yang diletakkan di bawah telapak kaki.

5. barangsiapa meninggal dalam keadaan kafir, maka amal perbuatannya tidak bermanfaat baginya,karena hadits ini disebutkan berkenaan dengan Abu Thalib , paman Nabi صَلَّى الله عليه وسلم yang sempat merawat , mendukung dan melindungi beliau , tetapi dia meninggal dunia dalam keadaan memeluk agama nenek moyangnya.

0 Responses to "Bahjatun Nadzhirin Bab 50 Al Khauf (Takut) Hadits ke 397 398"